Senin, 08 Februari 2016

Evaluasi dan Validasi keperawatan



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pengakajian pasien dilakukan untuk mendapatkan data-data penting yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan diagnosis keperawatan pasien yang berprioritas tinggi.Kemudian dilakukan pembuatan dan pendokumentasian rencana perawatan. Rencana perawatan merupakan kerangka kerja tertulis pemberian perawatan. Catatan perkembangan dan lembar alur digunakan untuk mendokumentasikan pemberian perawatan. Evaluasi merupakan langkah akhir dari proses keperawatan, dan berasal dari hasil yang ditetapkan dalam rencana perawatan.
Alasan paling umum mengevaluasi dan mendokumentasikan pencapaian hasil adalah untuk menentukan hasil perawatan yang spesifik dan pengobatan individu dan keluarga. Tujuan lainnya adalah menguji dan memperbaiki efektifitas pelayanan yang diberikan oleh organisasi pelayanan kesehatan kepada populasi pasien tertentu. Area ini diatur oleh manajemen pendayagunaan dan program perbaikan /penjaminan mutu, yang mengijinkan suatu fasilitas untuk mengurangi lama rawatsambil terus mempertahankan kualitas hasil. Perbandingan antara suatu hasil organisasi dengan hasil-hasil organisasi lainnya memungkinkan didapatkannya pemahaman yang lebih baik dan perbaikansystem organisasi. Semakin cermat penelitian yang dilakukan terhadap hasil, semakin nyata terlihat bahwa hasil-hasil tersebut dipengaruhi oleh berbagai variable kompleks.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara membandingkan tujuan dan hasil evaluasi keperawatan ?
2. Bagaimana cara melaksanakan vlidasi hasil evaluasi ?
1.3   Tujuan
 1.Tujuan secara umum
a)   Mengetahui cara membedakan tujuan dan hasil evaluasi
b)   Mengetahui cara melaksanakan vlidasi hasil evaluasi keperawatan

BAB II
TINJAUAN  PUSTAKA

PEMBAHASAN    
                                                                                                                          
Pengertian evaluasi adalah tindakan memeriksa setiap aktivitas yang kemudian memberikan umpsn bslik mengenai seberapa baik keberhasilan aktivitas dan apakah hasil yang diharapkan telah tercapai.

2.1 TIPE-TIPE EVALUASI:

Ada 3 tipe evaluasi yang harus perawat lakukan dalam asuhan keperawatan klien meliputi:

1.    Evaluasi masalah kolaboratif
2.    Evaluasi diagnosis keperawatan dan peningkatan pencapaian tujuan
3.    Evaluasi dari status perencanaan keperawatan dan hasil yang di dapat

2.2 LANGKAH-LANGKAH EVALUASI:
1.      Menentukan kriteria, standar dan, pertanyaan evaluasi
2.      Mengumpulkan data baru tentang klien
3.      Menafsirkan data baru
4.      Membandingkan data baru dengan standar yang berlaku
5.      Merangkum hasil dan membuat kesimpulan
6.      Melaksanakan tindakan yang sesuai berdasarkan kesimpulan
7.      Untuk menilai pelaksanaan asuhan keperawatan
8.      Sebagai umpan balik untuk memperbaiki atau menyusun siklus baru dalam proses keperawatan
9.      Menunjang tanggung gugat dan tanggung jawab dalam pelaksanaan keperawatan

2.3 MANFAAT :
1.    Untuk menentukan perkembangan kesehatan klien
2.    Untuk menilai efektifitas, efisiensi dan produktifitas asuhan keperawatan yang diberikan
 Tujuan Evaluasi Keperawatan
Tujuan umum :
1. Menjamin asuhan keperawatan secara optimal
2. Meningkatkan kualitas asuhan keperawatan.
Tujuan khusus :
1.      Mengakhiri rencana tindakan keperawatan
2.      Menyatakan apakah tujuan keperawatan telah tercapai atau belum
3.      Meneruskan rencana tindakan keperawatan
4.      Memodifikasi rencana tindakan keperawatan
5.      Dapat menentukan penyebab apabila tujuan asuhan keperawatan belum tercapai

2.4. MENGUKUR PENCAPAIAN TUJUAN :
a.       Kognitif : meliputi pengetahuan klien terhadap penyakitnya, mengontrol gejala, pengobatan, diet, aktifitas, persediaan alat, resiko komplikasi, gejala yang harus dilaporkan, pencegahan, pengukuran dan lainnya.
b.      Interview : recall knowledge (mengingat), komprehensif (menyatakan informasi dengan kata-kata klien sendiri), dan aplikasi fakta (menanyakan tindakan apa yang akan klien ambil terait dengan status kesehatannya
c.       Affektif : meliputi tukar-menukar perasaan, cemas yang berurang, kemauan berkomunikasi, dsb.
d.      Psikomotor : observasi secara langsung apa yang telah dilakukan oleh Klien
2.5. HASIL EVALUASI :
1.      Tujuan tercapai : jika klien menunjukkan perubahan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
2.      Tujuan tercapai sebagian : jika klien menunjukkan perubahan sebagian dari standar dan kriteria yang telah ditetapan
3.      Tujuan tidak tercapai : jika klien tidak menunjukkan perubahan dan kemajuan sama sekali dan bahkan timbul masalah baru.
2.6. BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERTANYAKAN DALAM EVALUASI :
1.      Kecukupan informasi
2.      Relevansi faktor-faktor yang berkaitan
3.      Prioritas masalah yang disusun
4.      Kesesuaian rencana dengan masalah
5.      Pertimbangan fator-faktor yang unik
6.      Perhatian terhadap rencana medis untuk terapi
7.      Logika hasil yang diharapkan
8.      Penjelasan dari tindakan keperawatan yang dilakukan
9.      Keberhasilan rencana yang telah disusun
10.  Kualitas penyusunan rencana
11.  Timbulnya masalah baru
  Membandingkan tujuan dan hasil evaluasi keperawatan
Evaluasi adalah kegiatan pengumpulan data untuk mengukur sejauh mana sudah tercapai . dengan makna demikin maka anak panah berasal dari evaluasi menuju ke tujuan.sedangkan hasil evaluasi adalah pencapaian tujuan yang telah direncanakan dan tercapai



Macam-macam evaluasi
Evaluasi dalam keperawatan dibedakan menjadi 2,yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.evaluasi proses berfokus pada apa dan bagaimana suatu intervensi keperawatan dilakukan.sedangkan evaluasi hasil berfokus pada perubahan klien yang mengacu kriteria hasil.
Catatan evaluasi proses dan hasil sebagai berikut:
Diagnosis Keperawatan :  Perubahan eliminasi                            
Fekal                               : Cedera medulla spinalis. Ditandai dengan feses keras     
                                          dan  berbentuk
Tujuan                            : Dalam 1 minggu ,klien dapat buang air besar secara
        normal
Kriteria hasil                    : Klien akan melaporkan/menujukan eliminasi yang
                                           membaik   setiap hari
Intervensi keperawatan  : Ajarkan diet seimbang,dan anjurkan minum air hangat   
                                    30 menit sebelum sarapan.
Catatan evaluasi proses  : Klien perlu makan dan diet yang disarankan ,dianjurkan  
  banyak  minum,dan sudah mulai minum air hangat
  sebelum makan
Catatan evaluasi hasil  : Klien mengatakan sudah buang air besar pada hari
     ini.kriteria  terpenuhi

Validitas
Validitas adalah data evaluasi yang baik sesuai dengan kenyataan .validitas sebuah tes dapat diketahui dari hasil pemikiran dan dari hasil pengalaman.hal yang pertama akan diperoleh validitas logis (logical validity) dan hal yang kedua diperoleh validitas empiris (empirical validity)
Cara melaksanakan validasi hasil evaluasi
Tes dikatakan memiliki validitas jika hasilnya sesuai dengan kriterium,dalam arti memiliki kesejajarn antara hasil tes tersebut dengan kriterium.teknik yang digunakan untuk mengetahui kesejajaran adalah teknik korelasi product moment yang dikemukakan oleh pearson.
1.      Tabel persiapan untuk mencari validitas tes prestasi matematika
2.      Validitas butir soal atau validitas item
3.      Tabel analisis item untuk perhitungan validitas item
4.      Tabel persiapan untuk menghitung validitas item
5.      Tes terstandar sebagai kriterium dalam menentukan validitas
6.      Tabel persiapan perhitungan validitas tes matematika dengan kriterium tes terstandar matematika
7.      Melakukan validitas factor
8.      Tabel untuk menghitung kesejajaran skor faktor 1 dengan skor total







MELAKSANAKAN EVALUASI KEPERAWATAN


Disusun oleh:
Kelompok 12
1.      Jepri Apriyansa           
2.      Meifi Wahyudi
3.      Nurul Huda
4.      Dia Kusuma Wardani



Dosen pembimbing : 1. Trilia, S.Pd.,M.Kes
           2. Inne Yelisni, M.Kep








PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
MUHAMMADIYAH PALEMBANG
TAHUN AKADEMIK
2014/2015
i
 
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT kita bisa dapat berkumpul sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.


Palembang,   September 2014

   Penyusun
ii

 
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................. ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1
1.1 Latar Belakang............................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.......................................................................... 1
1.3 Tujuan Penelitian............................................................................ 1

BAB II TINJAUAN PUSTAKA.................................................................. 2
2.1  Tipe-tipe  Evaluasi.......................................................................... 2
2.2  Langkah-langkah Evaluasi............................................................. 2
2.3  Manfaat.......................................................................................... 3
2.4  Mengukur Pencapaian Tujuan........................................................ 3
2.5  Hasil Evaluasi................................................................................. 4
2.6  Hal-hal yang perlu dipertanyakan dalam evaluasi.................. ....... 4

BAB III KESIMPULAN............................................................................... 7
    3.1 Kesimpulan................................................................................ 7
    3.2 Saran.......................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA





iii

 

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsini: Dasar-dasar Evaluasi Hasil Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Haryanto, Konsep Dasar Keperawatan dengan Pemetaan Konsep (Concept Mapping),
        Jakarta: Salemba Medika
Yenibeth.wordpress.com/2008/06/19/evaluasi-keperawatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar