Minggu, 07 Februari 2016

KONSEP ELIMINASI URINE



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar belakang
Eliminasi urine  adalah proses pembuangan sisa metabolisme tubuh baik berupa urine atau fases.

1.2    Rumusan masalah
1.      Pengertian konsep eliminasi urine
2.      Anatomi fisiologi saluran perkemihan  
3.      Proses pembentukan urine
4.      Faktor yang mempengaruhi eliminasi urine
5.      Perubahan eliminasi urine

1.3    Tujuan Penelitian
1.      Memahami pengertian konsep eliminasi urine
2.      Dapat mengetahui tentang konsep eliminasi urine
3.      Dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi eliminasi urine

1.4    Metode  Penulisan 
Makalah ini dapat dibuat dari  berbagai sumber buku yaitu :
·         Buku ajar konsep dasar manusia teori dan aplikasi dalam praktek\
·         Pengantar kebutuhan dasar manusia aplikasi konsep dan proses keperawatan
·         Kebutuhan dasar manusia dan proses keperawatan







BAB II
PEMBAHASAN

KONSEP ELIMINASI URINE

2.1 PENGERTIAN ELEMINASI URINE
Eliminasi urine normalnya adalah pengeluaran cairan. Proses pengeluaran ini sangat bergantungan pada fungsi fungsi organ eliminasi urine seperti ginjal, ureter, bladder, dan uretra.

A.    Anatomi dan Fisiologi
1.      ginjal
Ginjal adalah organ yang berbentuk kacang bewarna merah tua, panjangnya 12,5 cm dan tebalnya 2,5 cm.beratnya kurang lebih 125 sampai 175 gram pada laki laki dan 115 sampai 155 gram pada wanita.
             Ginjal terletak pada bagian belakang rongga abdomen bagian atas setinggi vetebra thorakal 11 dan 12. Ginjal di lindungi oleh otot abdomen, jaringan lemak atau kapsul adiposa. Satu ginjal mengandung 1 sampai 4 juta nefron yang merupakan unit pembentuk urine.
              Ginjal menghasilkan hormon eritropoitin yang berfungsi meransang produksi eritropoitisetin yang merupakan bahan baku sel darah merah pada sumsum tulang
Fungsi Utama Ginjal
·         Mengeluarkan sisa nitrogen, toksin, ion, dan obat-obatan.
·         Mengatur jumlah dan zat-zat kimia dalam tubuh.
·         Mempertahankan keseimbangan antara air dan garam-garam serta asam dan basah.
·         Menghasilkan renin, enzim untuk membantu pengaturan tekanan darah
·         Menghasilkan hormon eritropoitin yang menstumulasi pembentukan sel-sel darah merah di sumsum tulang.
·         Membantu dalam pembentukan vitamin D
2.      Ureter
Setelah urine terbentuk kemudian akan di alirkan ke pelvis ginjal lalu kebladder melalui ureter. Panjang ureter pada orang dewasa antara 26 sampai 30 cm dengan diameter 4 sampai 6 mm. Setelah meninggalkan ginjal, ureter berjalan kebawah di belakang peritoneom ke dinding bagian belakang kandung kemih.
 
3.      Kandung Kemih
Merupakan tempat penampugan urine. Terletek didasar panggul pada daerah retroveritonea dan  terdiri atas otot yang dapat  mengecil.kandung kemih terdiri atas dua bagian yaitu bagian fondus atau bodi yang merupakan otot lingkar, tersusun dari otot detrusor dan bagian leher yang berhubungan langsung dengan uretra.

4.      uretra
Merupakan saluran pembungan urine yang langsung keluar dari tubuh.panjang uretra wanita lebih pendek yaitu 3,7 cm sedankan pria panjangya 20 cm.
           
B.     Pola Eliminasi Urine Normal
Pola eliminasi urine sangat tergantung pada individu, biasanya miksi setelah bekerja, makan atau bangun tidur.
C.     Karakteristik Urine Normal
2.2 KONSEP MANUSIA 
Konsep manusia dibagi menjadi dua bagian:
v  Manusia sebagai makhluk holistik dan Manusia sebagai system
v  Manusia sebagai Makhluk Holistik  merupakan makhluk yang terdiri dari unsur biologis, psikologis, sosial dan spritual, atau sering disebut juga sebagaimakhluk biopsikososialspritual.

2.3 HOMEOSTATIS dan HOMEODINAMIK
Homeostatis Homeo statis ialah Pengaturan stabilitas dan adaptasi secara alamiah terhadap konsisilingkungan sekitarnya secara terus menerus. Homeostatis terdiri dari homeostatisfisiologis dan psikologis.Homeostatis fisiologis dikendalikan oleh sistem endokrin dan saraf otonom. Homeostatisfisiologis terjadi melalui proses pengaturan diri, kompensasi, umpan balik negatif, umpanbalik ketidakseimbangan fisiologis.
1.      Sisten Pengaturan diri : pengaturan fungsi tubuh secara otomatis yang terjadi pada orangsehat, contohnya pada sitem pencernaan.
2.      Sistem kompensasi  reaksi tubuh terhadap ketidaknormalan yang terjadi didalamnya,misalnya saat lampu tiba-tiba mati maka mata akan dilatasi atau membesar untuk meningkatkan kemampuan visual terhadap gelap.
3.      Sistem umpan balik negatif : makanisme penyimpangan tubuh dari keadaan normal.
4.      Sistem umpan balik ketidakseimbangan fisiologis : Misalnya pada saat kita lari, makajantung akan memompa / berdenyut lebih cepat untuk mengimbangi metabolisme yanglebih cepat.

A.     HOMEOSTASIS PSIKOLOGIS
Berfokus   pada keseimbangan  emosional dalam kesejahteraan  mental Contohnya adalah mekanisme   pertahanan diri, seperti  tertawa :





 
B.     HOMEODINAMIK 
Homeodinamik ialah proses pertukaran energi secara terus menerus antara manusia dantempat tinggalnya. Pada proses ini manusia berinteraksi dan menyesuaikan diri denganlingkungan untuk bertahan hidup.Homeodinamik mengikuti prinsip integralitas, resonansi, dan helicy
1.    Prinsip integralitas, prinsip dasar hubungan antara manusia dan lingkungannya yangtidak dapat dipisahkan. Perubahan proses kehidupan ini terjadi secara kontinu karenaadanya interaksi yang saling mempengaruhi antara manusia dengan lingkungannya.
2.    Prinsip resonansi, yaitu prinsip bahwa proses kehidupan manusia selalu berirama danfrekuensinya bervariasi, mengingat manusia memiliki pengalaman beradaptasi denganlingkungan
3.    Prinsip helicy, yaitu prinsip bahwa setiap perubahan dalam proses kehidupan manusiaberlangsung bertahap dan terdapat hubungan antara manusia dan lingkungan

C.    KONSEP KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Kebutuhan dasar manusia ialah unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia untuk mempertahankan keseimbangan fisiologis dan psikologis untuk mempertahankankehidupan dan kesehatan. Menurut Abraham Maslow dalam Teori Hierarki Kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar:1. kebutuhan flsiologis (makan, minum, pakaian),2. keamanan,3. cinta,4. harga diri, dan5. aktualisasi diri

2.4 CIRI KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Setiap manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama namun kebutuhantersebut dirubah sesuai kultur dan keadaan- setiap manusia memenuhi kebutuhannya sesuai dengan prioritas/ yang lebih penting- setiap orang dapat merasakan adanya kebutuhan dan meresponnya dengan berbagai cara- kegagalan dalam memenuhi kebutuhan menghasilkan ketidakseimbangan- kebutuhan dapat membuat seseorang berpikir dan bergumul memenuhi rangsanganinternal dan eksternal  kebutuhan saling berkaitan dengan beberapa kebutuhan yang tidak terpenuhi akanmempengaruhi kebutuhan lainnya.

2.5 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh:1. Penyakit.Penyakit menyebabkan perubahan dalam memenuhi kebutuhan, baik secarafisiologis maupun psikologis, karena fungsi organ tertentu memerlukan kebutuhan yanglebih besar dari biasanya.2. Hubungan keluarga. Hubungan yang baik antara anggota keluarga dapat meningkatkanpemenuhan kebutuhan dasar karena saling percaya, dan kebahagiaan.3. Konsep dir. konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan (wholeness)bagi seseorang. Orang yang optimis mudah berubah, mudah mengenali kebutuhan danmengembangkan cara hidup yang sehat, sehingga kebutuhan dasarnya terpenuhi denganmudah4. Tahap Perkembangan. Setiap tahap perkembangan memiliki kebutuhan dasar yangberbeda-beda karena setiap organ tubuh mengalami kematangan yang berbeda.

2.6 MANUSIA SEBAGAI MAHLUK HOLISTIK
Holistik berarti keseluruhan yg utuhmeliputi unsur biologis, pskologis, sosial & spriritual
1.        Unsur Biologis
-       Manusia merupakan suatu susunan sistem organ tubuh
-       Manusia Mempunyai kebutuhan utk  mempertahankan hidupnya  
-       Manusia Tidak terlepas di hukum alam : dilahirkan  berkembang dan meninggal  
2.        Unsur Psikologi
-        Manusia m`punyai struktur kepribadian  
-        Tingkah laku sbg manifestasi kejiwaan  
-        Manusia  mempunyai  daya piker dan kecerdasan
-        Manuoa mempunyai kebutuhan  psikologi agar  pribadi dapat  berkembang

3.        Spiritual
-          Mempunyai keyakinan/mengakui adanya Tuhan
-          Memiliki pandangan & dorongan hidup yg sejalan dg sifat religius yg
-          dianutnya







PENDAPAT BEBERAPA AHLI TENTANG MODEL KEBUTUHAN DASAR MANUSIA

1. VIRGINIA HENDERSON
Virginia Henderson (dalam Potter dan Perry, 1997) membagi kebutuhan dasar manusia kedalam 14 komponen berikut :
a.       Bernafas secara normal
b.      Makan dan minum yang cukup
c.       Eliminasi (buang air besar dan kecil)
d.      Bergerak dan mempertahankan postur yang diinginkan
e.       Tidur dan istirahat
f.       Memilih pakaian yang tepat
g.      Mempertahankan suhu tubuh dalam kisaran yang normal dengan menyesuaikan pakaian yang digunakan dan memodifikasi lingkungan
h.      Menjaga kebersihan diri dan penampilan
i.        Menghindari bahaya dari lingkungan dan menghindari membahayakan orang lain
j.        Berkomunikasi dengan orang lain dalam mengekspresikan emosi, kebutuhan, kekhawatiran, dan opini
k.      Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan
l.        bekerja sedemikian rupa sebagai modal untuk membiayai kebutuhan hidup
m.    Bermain atau berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi
n.      Belajar, menemukan, atau memuaskan rasa ingin tahu yang mengarah pada perkembangan yang normal, kesehatan, dan penggunaan fasilitas kesehatan yang tersedia

2. JEAN WATSON
Jean Watson (dalam B. Talento, 1995) membagi kebutuhan dasar manusia ke dalam dua peringkat utama, yaitu kebutuhan yang tingkatnya lebih rendah (lower order needs) dan kebutuhan yang tingkatnya lebih tinggi (higher order needs).

3.  Abraham Maslow
Teori   Hierarki    kebutuhan  dasar manusia  yang di kemukankan Abraham Maslow { 1970 }   dalam potter  dan pery 1997) dapat berkembangn untuk menjelakna dasar manusia  sebagai :  engembangkan teori  KDM :
v Kebutuhan Fisiologis merupakan kebutuhan yang paling dasar  yaitu   oksigen , makan, minum dll.
v  Kebutuhan rasa aman { aspek fisik dan psikologi }
Kebutuhan akan perlindungan dari udara, dingin, panas, kecelakaan, infeksi, Bebas dari ketakutan, kecemasan
v Kebutuhan rasa cinta, memiliki, dan dimiliki
Memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahahatan
Mendapat tempat dalam keluarga dan kelompok social
v Kebutuhan harga diri
Perasaan tidak tergantung, kompeten, respek terhadap diri sendiri dan orang lain
v Kebutuhan perwujudan diri
Dapat mengenal diri dengan baik tidak emosional, punya dedikasi tinggi, kreatif, percaya diri dan sebagainya














BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN       
Berdasarkan pembahasan di atas dapat kami simplulkan bahawa Menurut abraham maslow dalam teori hierarki kebutuhan menyatakan bahwa. setiap manusia memenuhi kebutuhannya sesuai dengan prioritas/ yang lebih penting- setiap orang dapat merasakan adanya kebutuhan dan meresponnya dengan berbagai cara- kegagalan dalam memenuhi kebutuhan menghasilkan ketidakseimbangan- kebutuhan dapat membuat seseorang berpikir dan bergumul memenuhi rangsanganinternal dan eksternal  kebutuhan saling berkaitan dengan beberapa kebutuhan yang tidak terpenuhi akanmempengaruhi kebutuhan lainnya.









  



 
  
DAFTAR PUSTAKA

Alimul, A.Aziz.H. 2006. Pengantar Konsep Dasar Manusia aplikasi Konsep Dasar dan Proses Keperawatan”. Surabaya : Salembang Medika

Iqbal, Wahid Mubarok, Nurul Chayanti. 2007. Buku “Ajar Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi dalam Praktik”. Gresik Buku Kedokteran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar